Selasa, Juni 22, 2010

I D O L A

"Sungguh pada diri Rasul terdapat teladan yang baik buat kamu." (QS Al-Ahzab [33]:21)

IDOLAKU

Setiap orang pasti punya idola. Begitu juga dengan kamu, kan? Mungkin idolamu adalah musisi hebat, olahragawan piawai, atau ilmuwan jenius. Tetapi, kita sebagai umat punya sosok superhebat yang bisa kita jadikan idola, sekaligus panutan hidup kita.
Ya! Dialah Nabi Muhammad Shalallahu 'alaihi wassallam. Dialah manusia yang sederhana. cerdas, berani, dan seabreg sifat terpuji lainnya.
Michael H. Hart, seorang penulis barat, menetapkan Nabi Muhammad sebagai orang yang paling berpengaruh dalam sejarah manusia. Soalnya, Nabi Muhammad mampu mengubah setengah wajah dunia hanya dalam waktu 23 tahun! Nggak ada tokoh lain di dunia ini yang dapat melakukan perubahan dalam waktu yang singkat kayak Nabi kita. Selain Nabi Muhammad, kita juga sebaiknya mengidolakan nabi-nabi lain, wali, dan orang-orang saleh.


Tahukah Kamu?
Mengenal Pribadi Rasulullah

Seorang sahabat menggambarkan pribadi Rasulullah:
Beliau akrab dengan kesedihan, banyak berpikir, sedikit beristirahat, tidak berkata-kata untuk waktu yang lama, dan tidak berbicara tanpa sebab. Beliau selalu memulai dan mengakhiri perkataannya dengan menyebut nama Allah. Pembicaraannya ringkas, tidak terlalu panjang dan tidak terlalu pendek, tidak kasar dan tidak main-main, serta tetap ringan. beliau mensyukuri karunia Allah meskipun kecil. Dan beliau tidak pernah menyalahkan siapapun.

Empat Sifat Rasulullah

Shiddiq: benar dalam niat, perkataan, dan perbuatan.
Tabligh: Beliau selalu membagikan dan menyampaikan pengetahuannya kepada orang lain.
Amanah: jujur dan melakukan segala sesuatu dengan penuh rasa tanggung jawab.
Fathanah: cerdas. Meskipun ummi (tidak bisa baca-tulis), Rasulullah memiliki wawasan yang luas. Dengan kecerdasannya, beliau menghadapi dan menyelesaikan berbagai masalah keluarga, umat hingga urusan negara.

Tips Memilih Idola

Bacalah buku sejarah atau biografi orang-orang besar. Dengan begitu, kamu dapat menentukan siapa tokoh yang patut menjadi idola sejati, dan bukan idola palsu.
Jangan menjadikan seseorang sebagai idola dari segi fisik, seperti kegantengan,kecantikan, atau kepopulerannya saja. Soalnya, semua itu bersifat sementara. Ketika semua itu pudar, mungkin dia tidak akan menjadi idola lagi.
Kamu boleh saja meniru cara berpakaian atau gaya bicara idola kamu. Tetapi, yang lebih penting adalah meniru spirit, sifat, atau keteladanannya.
Mungkin, pada masa-masa awal mengidolakan seorang tokoh, kamu selalu ingin sama persis seperti idolamu. Tapi asal tahu saja, setiap orang itu unik; mempunyai kelebihan dan kekurangan sendiri. Jadi, lebih baik kamu menjadi diri sendiri aja, deh. Tentu saja, dengan tetap meneladani semua sifat baik tokoh idolamu.

Hal Unik Tentang Rasulullah
Panji Rasulullah. Rasulullah memiliki dua panji. Menurut Ibn Umar, panji Rasulullah berwarna hitam persegi kecil dan berwarna putih persegi besar. Panji putih ini dikibarkan ketika Rasulullah bersama para sahabat menaklukkan Kota Makkah.

Jubah Rasulullah. Semasa hidup, Rasulullah memberikan jubahnya yang berwarna hijau kepada seorang Badui. Sepeninggal rasulullah, jubah itu dibeli oleh Muawiyah. Dia menggunakan jubah itu pada setiap khutbah Jumat. Pada masa selanjutnya, jubah itu hanya dipakai pada upacara pelantikan khalifah. Akhirnya, jubah itu sobek pad amasa akhir Dinasti Umayyah (132 H/750 M)

Unta Rasulullah. Rasulullah memiliki unta putih yang diberi nama Qaswah. Unta itulah yang mengantar Rasulullah melakukan perjalanan hijrah dari Makkah ke Madinah.

Keledai Rasulullah. Rasulullah memiliki keledai yang diberi nama Duldul. Keledai itu masih hidup sampai pemerintahan Khalifah Muawiyah bin Abu Sufyan pada masa Dinasti Umayyah (41-60 H/661-680 M)

Sandal Rasulullah. Abdullah bin Abbas menyimpan sandal ini sampai 110 H.

Cincin Rasulullah. Cincin ini hilang karena jatuh ke sumur oleh Utsman pada 650 H. Setelah dicari, cincin itu tidak dapat ditemukan. Akhirnya, sumur itu ditutup agar cincin tersebut tidak jatuh ke tangan orang lain.

Gigi Rasulullah. Pada perang Uhud, rasulullah menderita luka-luka dan sebuah giginya tanggal. Menurut beberapa ahli sejarah, gigi tersebut masih disimpan di Museum Turki sampai abad kesembilan belas. Gigi itu diperlihatkan kepada masyarakat hanya pada saat-saat istimewa.

Ibnu Mas'ud adalah salah seorang sahabat setia Rasulullah. Sepeninggal Rasulullah, Ibnu Mas'ud membawa seprai dan bantal Rasulullah. Sebelum meninggal, Ibnu Mas'ud memberikan barang-barang itu kepada Zubair.

Rasulullah bukan orang kaya. Pada saat-saat tertentu, dia meminjam uang kepada para sahabat, tetapi bukan untuk kepentingan pribadi. Rasulullah pernah meminjam dua puluh gram perak kepada Abbas.

Hingga kini, di salah satu sudut Kota Makkah, masih berdiri rumah tempat Rasulullah dilahirkan. Pada masa rasulullah hidup, rumah ini diberikan kepada Aqil bin Abi Thalib. Pada masa Dinasti Abbadiyah (132-923 H/750-1517 M), rumah ini dijadikan mushalla oleh ibunda Khalifah Harun al-Rasyid. Sekarang rumah itu dijadikan perpustakaan.

Hal-hal unik tentang para nabi

Nabi yang paling panjang usia:
Nabi Adam meninggal pada usia 1000 tahun.

Nabi yang paling pertama disunat:
Nabi Ibrahim adalah nabi pertama yang diperintahkan disunat. Dia disunat pada usia 99 tahun.

Nabi yang paling banyak disebut dalam Al-Quran:
Nama Nabi Musa disebut dalam Al-Quran sebanyak 136 kali.

Nabi yang paling sedikit umatnya:
Nabi Nuh hanya mempunyai 80 orang pengikut. Padahal dia sudah berdakwah selama 470 tahun.

Nabi paling muda yang menjadi panglima:
Pada usia sembilan tahun, Nabi Daud sudah menjadi tentara yang hebat. Dengan ketapelnya, dia berhasil mengalahkan panglima musuh yang ditakuti, yaitu Jalut.

Nabi yang paling kaya:
Nabi Sulaiman mempunyai istana yang megah dan bala tentara dari kalangan manusia serta jin.

Idolaku Idolaku Idolaku

Aku mengidolakan
The Great Prophet Muhammad SAW










Karena keindahammu tak tersentuh bahasa. Teladan terindah di muka bumi.
Bahagialah engkau di langit ke tujuh bersama jutaan malaikat yang mengagungkan namamu.

Aku mengidolakan
KH. Abdullah Gymnastiar












Karena Mubaligh + Entrepreneur Muslim yang disiplin, lembut dan kreatif.

Aku mengidolakan
Harun Yahya








Karena ia ilmuwan Muslim yang hebat. Menguak keajaiban alam dan sejarah dengan kebenaran Al-Quran.
Harun Yahya adalah nama pena dari Adnan Oktar, seorang ilmuwan Turki yang sedih melihat kondisi negaranya yang telah larut dalam ideologi materialisme. Dia adalah sedikit orang yang tak ragu mengajak berdebat orang-orang yang meragukan keberadaan Allah SWT

Aku mengidolakan
Mamah ^_^ 










Karena keteguhan, kesabaran, ketegaran, dan ketulusan hatinya. Mom, Luv U!!!
The best ever I have. Seandainya aku mati dan dilahirkan kembali, aku ingin mamah tetap menjadi ibuku di kehidupanku selanjutnya. You are always gone be the one. Tak terbayar meski aku berbakti sepanjang usia.

Aku mengidolakan
Romo KH. Yahya Syabrowi










Karena keistiqomahan, perjuangan, keluasan ilmu, dan kesederhanaan hidupnya...
Tokoh pendiri PP. Raudlatul Ulum 1 Ganjaran Malang, tempat dimana aku belajar tentang kehidupan...

Idola-idolaku bisa bertambah dan berkurang sewaktu-waktu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hatur tengkyu atas kunjungan silaturahimnya.
Orang keren pasti koment ˆ⌣ˆ