Kamis, September 23, 2010

Siapa bilang menulis itu sulit? Memang!

Bismillahirrohmaanirrohiim....

Belakangan ini, tiba-tiba saja cita-cita masa kecil saya ingin menjadi penulis muncul lagi. Ada beberapa kawan penulis menceritakan tentang tulisan-tulisannya yang dimuat di media online maupun cetak. Bahkan ada yang menyisihkan sebagian honornya dengan membelikan saya buku yang sedang saya inginkan --Alhamdulillah ya Allah. Sering-sering saja ya, Temans^^ -- . Banyak di antaranya menyemangati saya untuk menjadi penulis, katanya kalau dimuat di media cetak bisa menambah penghasilan dan bisa untuk membantu keluarga, nanti honornya bisa ditabung untuk membeli laptop dan bekerja dari rumah. Tapi menurut saya, menulis itu untuk berbagi ilmu, seperti yang pernah guru saya katakan "ikatlah ilmu dengan menuliskannya". Menulis bagi saya tidak bisa dijadikan profesi. Lagipula realistis saja, iya kalau tulisan saya bagus dan diterima masyarakat, tetapi kalau tidak?

Selama saya kerja di rumah bibi ini saya memang bisa online setiap hari. Biasanya saya gunakan untuk blogwalking, membaca tulisan-tulisan hebat para bloger dan penulis, atau hanya memperhatikan kerapihan 'cat rumah maya' mereka. Kadang tersesat di situs menulis dan membuat akun di situ semisal Kompasiana, Multiply, Indosastra, Blog CyberMq, Blogspot dan lainnya. Atau bergabung di grup-grup menulis online di multiply. Sayangnya saya masih merasa belum juga bisa menulis. Sedikit ilmu jurnalistik ketika dua tahun aktif di Jurnal Ilmiah Amanah dulu juga seakan menguap entah kemana.tanpa jejak. Banyaknya info lomba menulis di berbagai media akhir-akhir ini juga belum bisa merangsang inspirasi menulis saya.

Sepertinya saya memang tidak bisa belajar otodidak begitu saja. Saya perlu teman-teman atau komunitas yang bisa mengajari saya dan menjadi tempat konsultasi kepenulisan. Beberapa bulan yang lalu saya pernah diajak gabung dengan grup sastra di FB. Akibatnya banyak sekali orang-orang baru tak dikenal yang mengaku orang sastra meng-add akun FB saya. Tetapi saya merasa kurang nyaman di sana. Saya merasa mereka selalu menebar pujian yang berlebihan pada sesama. Terutama pada orang-orang yang mereka anggap nyastra dan ahli akan dipuja-puja terlalu berlebihan. Saudara saya sering mencemooh saya, dia bilang friendlist FB saya hanya berisi orang-orang bego. Tapi entah kenapa saya tetap nggak suka cara mereka. Sastrawan Islam yang seni satranya lebih bagus, indah, dan jelas saja mereka tak kenal tapi malah memuja-muja secara berlebihan pada orang-orang sastra yang nama-namanya juga hanya terkenal di komunitas mereka sendiri. Orang-orang itupun juga jarang saling menyapa dan berkomunikasi dengan saya. Maka dengan segala pertimbangan, saya bersih-bersih kontak FB dan meremove mereka dari friendlist. Bukannya saya kejam dan sombong dengan pilih-pilih teman. Tapi dari awal saya membuat akun FB adalah bukan tempat aktualisasi diri akan tetapi untuk silaturahim dengan orang-orang yang saya kenal dan sudah saling berjauhan. Jadi mohon maaf untuk orang-orang yang tidak saya kenal dan tidak pernah menyapa saya, saya hapus dari daftar kontak. Mereka hanya menuh-menuhin beranda saja.

Kembali ke laptop!

Belajar menulis rupanya sulit, terutama bagi saya yang kapasitas otaknya pas-pasan dan jarang diasah. Walau sudah gabung dengan berbagai grup kepenulisan, saya masih sering kebingungan untuk mengaplikasikan teori menulis dari mereka menjadi sebuah karya. Beberapa tulisan fiksi saya pun sudah lama mandeg dan tidak juga bertambah. Saya sangat berharap ada yang mau meluangkan waktunya untuk mengajari saya menulis secara private ^^

Sudah sampai sini saja ah, saya mau membaca teori menulis di bawah ini dulu :)
5 ragam tulisan

5 komentar:

  1. ngehe~
    ya ampun mbak...kembangin aja,lanjutin aja...
    minta temen2 mbak thiya buat ngajarin nulis...
    aku juga sebenernya pingin banget jadi penulis, tapi kebanyakan, eh, keseringan ide buntu...ato malah males[wehe].
    oya,barter link nyow mbak...:D
    aku mo pasang link mbak thiya di tempatkuh...hehe.
    boleh kan boleh kan? ;p

    BalasHapus
  2. hehe.. ya pokoknya keluarin aja yg ada di kepala

    BalasHapus
  3. nah itu... itu yg males...haha.

    BalasHapus
  4. malas semuanya mah tidur sajahhhh :k:

    BalasHapus

Hatur tengkyu atas kunjungan silaturahimnya.
Orang keren pasti koment ˆ⌣ˆ