Rabu, April 20, 2011

Test Kepribadian

Bismillahirrohmaanirrohiim...

Diberi tahu seorang kawan di FB, saya ikut test kepribadian Dedy Dahlan. Hanya karena didorong penasaran dengan hasilnya yang katanya bisa dijadikan pertimbangan untuk memilih hobi dan karir. Setelah menjawab puluhan pertanyaan dengan hati, tidak dibuat-buat dan tidak dipilih karena berdasarkan seharusnya. Rupanya menurut test ini saya adalah orang berkpribadian Tipe Rasio.


Jadi menurut hasil test 1:
Thiya Renjana adalah orang dengan Tipe Rasio atau kecenderungan pada rasio/pemikiran.
Tipe Rasio, adalah orang- orang yang suka pada konsep. Mereka suka mempelajari dan mengalami hal baru, membuat rencana, dan membedah masalah. Kepuasan pribadi mereka sering diraih dari mengetahui hal- hal baru, atau berbagi hal- hal itu pada orang lain. 

Mereka seringkali terlihat bekerja untuk pengalaman, atau untuk belajar. Mereka mengincar hal yang bisa mengembangkan diri mereka menjadi lebih baik dalam segala hal. Mereka menyukai jenjang karir yang jelas.

Para tipe Rasio adalah pengawas atau perencana, serta problem solver yang baik.

Menangani seorang Rasio adalah dengan berbagi ilmu atau berita- berita terbaru. Ajak ia berbicara tentang potensi- potensi dan rencana- rencana yang tajam dalam bidang kerjanya. Minta ia menceritakan teknologi atau pengalaman hidupnya, dan ide- idenya. Jadikan ia guru, dan ia akan menyukai Anda.

Tempatkan dia pada posisi dimana dia bisa banyak berpikir, belajar, mengalami hal baru, dan membuat rencana.

Banyak tipe Rasio yang terjebak hanya menjadi perencana, tanpa aktualisasi. Ini yang harus dihindari. Untuk menyeimbangkan Trimonynya, seorang tipe Rasio harus belajar mengeksekusi sendiri teori dan pengetahuannya. Ingatlah, bahwa dengan mengeksekusi sendiri, ia justru akan mendapat lebih banyak ilmu baru. Dan bagi seorang Rasio, itu adalah kesenangan ‘rasa’ tersendiri.


Hasil dari test 2:

ENFP - Champions (Bima sang Pahlawan)
Tipe yang paling mementingkan pengalaman emosi sebagai bagian penting dalam hidup. Champion memiliki cakupan emosi yang luas dan bervariasi, dan memiliki hasrat yang sangat besar terhadap hal- hal baru. Mereka melihat dunia sebagai sebuah drama pertunjukan yang penuh potensi, dan mau merasakan segala pengalaman hidup.

Champion cenderung berbicara atau menulis, dengan tujuan untuk membuka kebenaran soal pengalaman hidup manusia, atau untuk memotivasi orang lain dengan keyakinan yang dalam. Antusiasme dan kemampuan bahasanya yang tinggi membuatnya menjadi tipe yang paling menginspirasi dari semua tipe lainnya.

Memiliki kemampuan alami untuk ‘membaca’ orang lain, menemukan emosi tersembunyi dari orang lain, dan melihat makna signifikan dalam setiap kata atau tindakan.

Lumayan sebagai media instropeksi diri. Muhasabah ambil yang baik buang yang buruk ˆ⌣ˆ
Wallahu a'lam bisshawab...

~ Thiya Renjana ~
Ruang Kerja DPS Palasari, Bandung
20042011-12:42PM

1 komentar:

Hatur tengkyu atas kunjungan silaturahimnya.
Orang keren pasti koment ˆ⌣ˆ