Minggu, Mei 04, 2014

Perlukah Bedong Bayi?

Bismillahirrohmaanirroohiim..


Perlukah bedong bayi? bedong, mungkin kata ini sudah tidakuhan asing dikalangan masyarakat indonesia, sehingga kita berfikir bahwa bedong bayi merupakan perilaku yang wajib dalikukan kepada mahluk tuhan yang "imut, lucu, dan ngegemesin" (bayi). bedong berfungsi untuk menghangatkan tubuh bayi, bukan untuk meluruskan kaki bayi. pada dasarnya kaki bayi memang berbentuk O tapi seiring pertumbuhanya kaki bayi akan normal ketika bayi mulai belajar berdiri atau berjalan, bayi yang sudah memiliki cacat bawaan dengan bentuk kaki O tidak akan sembuh dengan penggunaan bedong. 

Berikut adalah hal yang perlu diperhatikan dalam membedong bayi: bedong bayi dalam keadaan telentang, tangan bayi tidak boleh diletakan dibelakang badan bayi. gunakan kain yang bisa menyerap keringat namun tetap hangat (kain flanel) bedong bayi tidak terlalu ketat karena akan mengganggu gerak bayi untuk bernafas. jangan bedong bayi ketika ia sedang tertidur, kerena pertumbuhan bayi terjadi lebih cepat disaat ia tidur. namun tidak baik juga ibu membedong bayi ketika ia sedang terbangun, karena akan mengganggu perkembangan gerak motoriknya. bedonglah bayi disaat-saat yang memang diperlukannya kehangatan ekstra seperti ketika bayi dibawa keluar rumah saat akan di imunisasi ke tempat pelayanan kesehatan. di poin ke empat dan ke lima, saya menjelaskan tentang efek buruk dari bedong, banyak ibu-ibu atau keluarga yang belum memahami tentang pentingnya gerak motorik dan gerak nafas bayi yang dihambat oleh bedong tersebut.

"bagaimana jika bayi tidak dibedong sama sekali???" ini salah satu pertanyaan yang pernah saya dapatkan ketika saya sedang praktek di lapangan. begini bu, jika kita mengambil contoh orang-orang sebrang sana yang tidak mengenal bedong, kaki-kaki mereka tetap indah, pertumbuhan mereka tetap baik. jadi jika bayi tidak dibedong sama sekalipun tidak apa-apa asalkan kehangatan bayi tetap dijaga. jadi bu, ubahlah persepsi ibu tentang bedong yang dapat meluruskan kaki bayi ibu, tapi gunakanlah untuk mnghangatkan bayi. sayangi bayi anda... 

Sumber: tentang-bidan.blogspot.com

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hatur tengkyu atas kunjungan silaturahimnya.
Orang keren pasti koment ˆ⌣ˆ